Dec 19, 2014

Membangun Blog dengan Strategi "PENCILS" ala Philip Kotler

Philip Kotler mengatakan bahwa salah satu strategi memenangi persaingan adalah menggunakan public relation yang baik. Dia mengumpamakan strategi tersebut seperti sebuah pensil. Suatu cara memerangi hard promotions yang saat ini sangat ramai dilakukan oleh perusahaan-perusahaan besar.

Ada 7 elemen utama dalam menggunakan strategi public relation ini. Ketujuh elemen tersebut diringkas
dalam sebuah singkatan "P-E-N-C-I-L-S" yang dijelaskan sebagai berikut :

Huruf P 
P adalah kependekan dari kata Publications. Adalah suatu upaya awal untuk mempublikasikan nama sebagai wujud pencitraan sebuah usaha.

Huruf E
adalah singkatan dari Event, yang artinya suatu cara yang dilakukan dengan tujuan dari public relation tertentu. Event disini bisa dikatakan sebuah aksi yang berhubungan dengan masyarakat luas yang akan membantu orang lebih mengenal identitas dari nama perusahaan anda.

Huruf N
Artinya adalah News. Semua usaha yang dilakukan agar aktivitas tertentu dari suatu perusahaan menjadi bahan berita/tajuk berita di media masa.

Huruf C
Community Involvement. Dalam bahasa jawa nya bisa dikatakan sebagai istilah kulo nuwun. Sebuah cara awal untuk mengenalkan diri kepada masyarakat Bisa dikatakan dengan suatu usaha mengkampayekan diri secara halus. Dalam dunia blogging hal ini biasanya dilakukan dengan cara blogwalking.

Huruf I
Merupakan inisial untuk Identity-Media. Suatu cara mengoptimalkan identitas melalui pemakaian semua atribut yang berkenaan dengan perusahaan dengan nama atau logo perusahaan anda. Atribut ini misalnya adalah penggunaan logo, head pada amplop, atau surat, seragam dan sebagainya.

Huruf L
Singkatan dari Lobbying. Adalah suatu metode pendekatan secara informal untuk mengingatkan, mendorong ataupun menembus konsumen yang sulit ditembus dengan cara biasa. Lobbying juga sering dipakai sebagai sebuah cara untuk mengumpulkan data dari konsumen.

Huruf S
Social Investment. Sebuah interaksi sosial dengan masyarakat yang sifatnya sosial. Pembangunan masjid, perbaikan jembatan, perbaikan jalan dan fasilitas-fasilitas umum lainnya dengan tujuan merebut hati dari masyarakat sekitar. Tentunya dalam sebuah usaha membangun blog anda tidak perlu melakukan ini. Anda bisa mengambil sebuah cara yang berbeda namun mempunyai esensi yang sama.


blogger blogging strategi
Saya pikir, apa yang dikatakan Philip Kotler tentang strategi public relation ini cukup memberikan kontribusi tambahan bagi kita untuk menjalankan sebuah usaha (apapun bentuknya). Apalagi saat ini, masyarakat sudah terlalu banyak dibombardir oleh segala macam aktivitas promosi.

Dalam penerapannya membangun sebuah blog, anda cukup mengambil poin-poin tertentu yang sekiranya itu dapat menambah mutu dan benefit bagi kelangsungan blog anda. Sehingga pada akhirnya blog anda akan tampil seperti blog yang profesional.


Salam Sukses.