Jika anda pernah mengikuti sebuah poling atau survey dari sebuah situs tertentu, maka anda mungkin akan berfikir bahwa data itu paling-paling digunakan oleh produsen dari suatu produk atau jasa tertentu. Memang benar. Namun saya akan menceritakan sebuah fakta yang benar-benar akan merubah persepsi anda dalam kebiasaan blogging anda.
Ini adalah pertanyaan KLASIK bagi anda :
"APA YANG MENJADI MAHAL KETIKA KITA MENDENGAR TENTANG SESEORANG? "
Benar! PENGALAMANNYA!
Begitu juga dengan seorang ahli, yang menjadi mahal adalah eksperimennya, datanya, dan sebagainya.
Lalu apakah semua pengalaman, data dan semua eksperimen sangat berharga? Sangat berharga. Itulah sebabnya terkadang sebuah perusahaan rela membayar mahal untuk melakukan survey tentang minat masyarkat terhadap produk mereka. Tidak lain adalah ingin mengetahui bagaimana gaya hidup dan pola dari konsumen-konsumen mereka.
Lalu, apa hubungannya dengan blogging?
Anda mungkin sangat produktif saat ini. Hanya karena mengejar target agar blog anda segera diterima applikasinya oleh AdSense, anda bisa membuat 10 postingan tiap hari. Lalu apa itu mengagumkan? Anda salah besar! Hadapilah kenyataan, jujurlah pada diri sendiri, ketika saat anda pertama kali menjadi seorang blogger, anda menghabiskan banyak waktu untuk menggali informasi tentang hal itu.
Artinya adalah, bahwa diluar sana, banyak blog yang kurang relevan dalam memberikan informasi tersebut bagi anda. Jika sebuah blog dapat segera menjawab masalah anda, maka itu sangat hebat. Namun kebanyakan blog menuliskan informasi yang tidak benar-benar tepat sasaran. Informasi yang tidak esensial atau substansial membantu para surfer dalam mencari solusi.
Oleh karena itu berdasar pada fakta tersebut, anda benar-benar mempunyai peluang yang sangat besar (great opportunity) dalam membuat content blog anda lebih berkualitas. Salah satu caranya adalah menuliskan pengalaman pribadi anda. Ketika anda sangat-sangat mengalami kesulitan dalam hidup anda misalnya. Saat anda menemukan masalah dalam mebangun blog misalnya dan juga cara anda memecahkan persoalan tersebut.
Itulah yang saya sebut sebagai INTI ATOM dari sebuah blog.
Anda juga pasti pernah melihat sebuah situs yang content didalamnya kaya dengan testimonial. Anda perlu menyadari bahwa membaca sesuatu dari sebuah pengalaman pribadi dan mencari solusi dari permasalahan tersebut akan cenderung lebih bisa meyakinkan atau membuat pembaca lebih mempunyai minat membaca content anda.
Selain itu, dampak yang paling positif adalah, anda akan menciptakan suatu atmosfir interaktif dalam blog anda, yang akan membuat orang ingin berdiskusi dengan anda mengenai pengalaman tersebut. Anda tidak akan bisa melakukan ini jika anda terus membiasakan diri dengan memposting atau membangun content blog dengan copas melulu.
Anda tidak perlu menjadi master dari sebuah topik tertentu. Anda tidak perlu bersifat seperti kamus dari sebuah kasus tertentu. Anda belum tentu bisa menyelesaikan semua persoalan orang dengan pengetahuan terbatas anda. Jujur saja, bahwa panduan tentang blogging itu sebenarnya sudah disediakan oleh tuan rumah Google. Hanya saja, mungkin karena tidak semua orang lancar berbahasa inggris, maka mereka akan lebih tidak efisien dalam mencerna itu.
Jadi, mulailah membukukan pengalaman-penglaman anda dan sisipkanlah dalam blog pribadi anda. Siapa tahu itu, pengalaman anda tersebut akan menjadi informasi yang sangat berharga bagi sesama anda.
"Tidak ada masalah tanpa solusi, tidak ada solusi tanpa komunikasi"
Apakah anda sependapat dengan saya?